Zuhud dalam islam

Pengertian Zuhud Dalam Islam

Kata zuhud sering disebut-sebut ketika kita mendengar nasehat dan seruan agar mengekang ketamakan terhadap dunia, dalam artian meninggalkan apa-apa yang tidak bermanfaat untuk kepentingan akhirat.

Pengertian Zuhud yang lain adalah dengan mengakui bahwa segala sesuatu yang ada pada diri kita adalah milik Allah atau tidak mengakui bahwa kekayaan harta dan apa yang ada pada diri kita adalah kepunyaan Allah


Adapula yang mengartikan  bahwa Zuhud artinya hidup miskin, sederhana, meninggalkan harta benda dunia. yaitu keadaan meninggalkan dunia dan hidup kematerian jauh dari segala urusan duniawi baik yang mencakup urusan manusia maupun alam.

Pengertian Zuhud yang selanjutnya berarti tidak merasa bangga atas kemewahan dunia yang telah ada ditangan, dan tidak merasa bersedih karena hilangnya kemewahan itu dari tangannya.

Pengertian Zuhud menurut kami bukanlah semata - mata memutus kehidupan duniawi, akan tetapi menjalani hidup dengan pemahaman yang membuat seseorang memiliki pandangan khusus terhadap kehidupan duniawi itu. dengan tetap bekerja dan berusaha, akan tetapi kehidupan duniawi itu tidak menguasai kecenderungan kalbunya dan tidak membuat mereka mengingkari Tuhannya.

Jangan membuang - buang waktu melihat ke belakang dan menyesali apa yang terjadi. tapi lihatlah ke depan dan mulailah berbuat sesuatu. Apa yang terjadi - terjadilah dan apa yang belum terjadi perbaikilah. 

Makan untuk hidup bukan hidup untuk makan. 

Kehidupan itu adalah ...... baca disini

Wallahu A'lam

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright 2010-2011 catatan-ku All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.