Konflik , Permusuhan , Pertikaian

Kenapa ada Konflik ...? Kenapa ada Permusuhan ...? Kenapa ada pertikaian .....? dll

Perubahan sosial yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini, memungkinkan sekali untuk terjadinya konflik antar agama atau konflik antar umat beragama yang lebih besar daripada yang telah terjadi. Berbagai macam bentuk kejahatan, perbuatan kasar, kesewenang wenangan adalah bersumber pada perubahan sosial yang terjadi karena tekanan, rangsangan dan atau pergaulan dalam masyarakat itu sendiri. Terjadinya perubahan-perubahan sosial yang seringkali menimbulkan pertentangan atau konflik antar masyarakat yang pada akhirnya dapat menimbulkan pertikaian dan atau permusuhan.

Keinginan adalah awal dari Segala Bencana.

Kesemuanya adalah karena hawa nafsu manusia itu sendiri, Rasa Ingin Tahu , Rasa Ingin Mencoba , Rasa Ingin Memiliki , dan keinginan - keinginan yang lain yang dilakukan dan atau ditempuh dengan jalan yang Berlebihan, sehingga menghalalkan segala cara untuk menempuh keinginan tersebut. Apapun bentuknya jika ditempuh dengan keinginan yang berlebihan maka hasilnya akan tidak baik.

Telah dijelaskan atau digambarkan dalam alquran pada awal mula penciptaan manusia dimana Adam dan Hawa yang telah diberikan segala kemudahan makan , minum dan sebagainya, terjerumus ke dalam rayuan setan.Dalam kisah tersebut secara tersirat dapat kita ambil beberapa pelajaran bahwa manusia pada dasarnya adalah makhluk yang Rakus , Tomak , dan tidak pernah merasa cukup.

Meski segalanya telah terpenuhi , Adam dan Hawa tetap terjerumus kedalam tipu daya setan hanya karena ingin tahu dan Ingin mencoba buah Khuldi yang telah jelas - jelas dilarang oleh Allah Subhanahu Wata'ala.

Firman Allah Subhanahu Wata'ala :

"Hai Adam bertempat tinggallah kamu dan isterimu di surga serta makanlah olehmu berdua (buah-buahan) di mana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu berdua mendekati pohon ini, lalu menjadilah kamu berdua termasuk orang-orang yang zalim"

Dalam Ayat diatas dijelaskan Makanlah buah buahan dimana saja kamu sukai , hal ini bermakna sangat luas sekali Rahmat yang diberikan oleh Allah Subhanahu Wata'ala , dimana Adam dan Hawa diberikan kebebasan yang seluas - luasnya, dan memakan apapun yang mereka sukai. 

Namun dalam lanjutan ayat diatas dijelaskan Janganlah kamu berdua mendekati pohon ini  Perlu di catat disini, diantara sekian banyak buah yang ada di syurga Hanya dan Hanya Satu pohon yang tidak boleh didekati oleh mereka (adam dan hawa) namun apa yang terjadi...?

Meskipun telah tercukupi semua kebutuhan , meskipun telah terpenuhi segala keinginan, namun adam dan hawa tetap tergoda oleh tipu daya setan. Hanya 1 Larangan diantara sekian banyak Rahmat yang telah diberikan oleh Allah Subhanahu wata'ala mereka tidak bisa.

Dunia ini disediakan Tuhan untuk segenap mahkluknya. Dan dunia ini cukup untuk memenuhi kebutuhan semua penghuninya. Akan tetapi, dunia ini akan menjadi sempit dan terlalu sedikit, bahkan tidak cukup, untuk memuaskan hanya keserakahan seorang manusia saja.

Semua Berawal dari Keinginan 

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright 2010-2011 catatan-ku All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.