Faedah Bulan Ramadhan

Dalam bulan-bulan Islam, ada bulan yang disebut dengan bulan Ramadhan. Rasulullah saw. menyebut bulan Ramadhan sebagai penghulu sekalian bulan (sayyidus syuhur), bulan Allah (syahrullah), bulan penuh dengan kenikmatan dan limpahan karunia-Nya (syahrul ala’i), bulan pelepas azab neraka (syahrun najah), bulan penuh kasih sayang (syahrur rahmah). Hal ini mengindikasikan keistimewaan yang dimiliki bulan Ramadhan.


Kehadiran bulan Ramadhan tentu merupakan suatu momen yang paling tepat untuk memperbaiki makna kehidupan. Di bulan itu, seorang muslim diharapkan dapat mengintrospeksi dan merekonstruksi perjalanan hidupnya. Tujuannya adalah agar fitrah yang sebenarnya dapat diraih. Untuk meningkatkan semangat beribadah di bulan Ramadhan, seorang muslim perlu mengetahui keutamaan bulan Ramadhan dan sikap dalam menyambutnya.

Rasulullah Saw. Menyebutkan di dalam hadits diatas tentang Lima karunia Allah Swt. Terhadap umat ini yang tidak di berikan kepada umat-umat (yang berpuasa) terdahulu.

Keistimewaan ke-1:
Bau mulut Orang yang berpuasa (karena lapar), lebih disukai Allah daripada harumnya minyak kasturi.
-pada hari kiamat, pada saat manusia di bangkitkan dari kubur, ciri-ciri Orang yang berpuasa adalah bau Harum dari mulut mereka yang keharumanya melebihi minyak Kasturi.

Keistimewaan Ke-2:
Ikan-ikan dilautan akan Beristighfar untuk Orang yang berpuasa, maksudnya Banyak Mahluk yang akan Mendo’akannya.

keistimewaan ke-3:
Surga dihiasi untuk menyambut Bulan Ramadhan. sejak awal tahun Srga telah di hiasi untuk menyambut Bulan Ramadhan, biasanya semakin Penting Tamu yang akan datang maka semakin awal pula Persiapannya.

Keistimewaan Ke-4:
Syaitan-syaitan yang jahat akan dirantai sehingga kemaksiatan akan Berkurang,, apabila masih terjadi kemaksiatan itu bukan karena Godaan Syaitan. Melaikan Karena Kebiasaan Buruk yang telah terbiasaa di lakukan di bulan-bulan lainnya.

Keistimewaan ke-5:
Pengampunan di berikan kepada seluruh Orang yang berpuasa pada malam akhir bulan Ramadhan, Nikmat ini adalah Ganjaran Untuk Orang yang berpuasa hingga Akhir Ramadhan.

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright 2010-2011 catatan-ku All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.